7 Kota di Indonesia Yang Makanannya Wajib Kamu Cicipi

7 Kota di Indonesia Yang Makanannya Wajib Kamu Cicipi

Rendang (sumber:noshon.it)

Bicara tentang wisata Indonesia, tak akan lengkap kalau tak mengulas tentang kuliner yang ada di daerah tersebut. Hampir semua daerah memiliki makanan khas yang tidak dipunyai kawasan lain. Dan pada satu kota, bisa ada lebih dari 10 macam makanan khas yang sayang kalau tidak dicicipi langsung di daerah asalnya.

Dari semua daerah di Indonesia, ada 7 kota yang kulinernya sangat khas dan sudah terkenal sampai mancanegara.

Padang

Pusatnya rendang daging, dendeng batokok dan semua masakan Padang ada di sini. Di semua sudut kota, kamu bisa menemukan warung dan resto yang menyediakan makanan khas Padang dan Minangkabau. Meski serupa, makanan dari Padang dan Minang tidak sama. Dan jelas sangat berbeda dari masakan Padang yang ada di kota lain yang sudah tercampur rasanya.

Banjarmasin

Kota ini terkenal dengan soto banjar yang sedap dengan tetesan limau kuitnya. Selain itu Banjarmasin juga memiliki ketupat kandangan yang tak kalah lezat dari soto banjar. Juga ada udang galah dengan ukuran super besar yang bisa dimasak apa saja dan rasanya sangat gurih nikmat. Banjar juga punya jajanan unik seperti kue bingka yang harum manis, cocok dimakan di segala suasana.

Plecing Kangkung (sumber:bedahresep.com)

Plecing Kangkung (sumber:bedahresep.com)

Mataram

Siapa yang tak kenal dengan makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Yang paling terkenal sudah barang tentu plecing kangkung, yang sudah menjadi andalan kuliner khas Lombok sejak dahulu kala. Selain itu, Lombok juga memiliki sate bulayak yang terbuat dari daging sapi dan dibakar bersama bumbu. Jangan lupakan juga ayam taliwang yang lezat dengan citarasa pedas gurih, tak akan terlupakan.

Makassar

Lezatnya coto Makassar sudah bukan rahasia lagi dan sekarang jadi andalan dari Ibukota Sulawesi Selatan ini. Selain coto, Makassar juga memiliki es pisang ijo yang harus dicicip dan juga sop konro yang rasanya menggoda lidah untuk menambah porsi.

Lumpia (sumber:tahupetis.com)

Lumpia (sumber:tahupetis.com)

Semarang

Ibukota Jawa Tengah ini terkenal dengan lumpianya yang menggoda selera. Selain itu Semarang juga punya tahu gimbal yang rasanya unik dan nggak ada di tempat lain. Kota ini juga punya nasi ayam yang bentuknya mirip nasi liwet khas Solo, namun dengan rasa yang berbeda.

Surabaya

Menikmati lezatnya rujak cingur atau pecel semanggi, semua hanya ada di Surabaya. Kota ini juga terkenal dengan berbagai macam bebek goreng dengan sambal yang pedas, juga punya lontong balap atau lontong mie yang tak akan ditemui di tempat lain. Dari pagi sampai malam hari, Surabaya menyajikan pengalaman kuliner yang tak akan kamu lupakan.

Bubur Manado (wikipedia.org)

Bubur Manado (wikipedia.org)

Manado

Ingin mencicip kuliner unik yang tak ada di tempat lain, Manado adalah pusatnya. Berbagai kuliner ekstrem dengan bahan yang tak biasa ada di kota ini. Jika tidak suka yang ekstrem, kamu bisa mencicip lezatnya bubur Manado yang sudah terkenal di seantero Indonesia.

Menjelajah semua kota di atas tidak sulit. Harga tiket pesawat pun nggak bakal menguras kantong. Cukup cari Citilink di Traveloka, dan kamu akan menemukan harga terbaik untuk semua penerbangan. Jadwal keberangkatan pesawatnya pun beragam, kamu tinggal kosongkan perut dan siap nikmati kuliner di kota tujuan sampai kenyang.

(Penulis: Juhery Simarmata)

Comments

comments