Amien Rais : Polisi,Kami Minta pertanggungjawabanmu


Jakarta – Mantan Ketua MPR Amien Rais merasa sangat terpukul atas peristiwa bentrokan antara aparat kepolisian dan massa umat Islam menyusul aksi Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) di depan Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) malam hingga dini hari tadi. Akibat kejadian tersebut, beberapa dinyatakan meninggal dunia dan lainnya mengalami luka-luka

Saya betul-betul sedih dan marah bahwa polisi yang berbau PKI telah menembak umat Islam secara ugal-ugalan. Karena itu, kami minta pertanggungjawabanmu,” kata Amien lewat rekaman video yang diterima di Jakarta, Rabu (22/5).

Sembari memegang selongsong peluru, Amien menegaskan, kepolisian harus bertanggung jawab dalam insiden tersebut dan jangan terus-terusan memantik kemarahan umat Islam. Jika hal semacam ini terus terjadi, dapat menimbulkan eskalasi yang luas dan menjalar.

Tadi malam, massa aksi damai dipukul mundur oleh aparat dari depan Gedung Bawaslu. Tindakan aparat itu diikuti penembakan gas air mata yang membuat massa aksi protes.

Mereka dipaksa mundur dari Kantor Bawaslu hingga sampai ke kawasan Tanah Abang. Adapun sebagian dari massa sempat terlibat kericuhan dengan polisi di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Peristiwa tersebut terjadi tepat pukul 02.00 WIB, saat mobil antihuru-hara menyemprotkan air ke massa aksi damai. Padahal sebelumnya polisi sudah menembakkan gas air mata secara bertubi-tubi.

Sementara, personel kepolisian di sekitar Bawaslu RI pagi ini masih berjaga-jaga. Mereka menggunakan rompi dan tameng lengkap untuk mengantisipasi kembali terjadinya bentrok

Sumber : https://indonesiainside.id/amien-rais-polisi-kami-minta-pertanggungjawabanmu/

Comments

comments