Begini isi surat pengunduran diri Ahok kepada Jokowi

Perpisahan Jokowi dan Ahok. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Perpisahan Jokowi dan Ahok. ©2014 merdeka.com/arie basuki

SitusRI.Net – Terdakwa penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) resmi mencabut permohonan pengajuan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta DKI. Dengan menerima putusan hakim PN Jakut yang memvonis 2 tahun penjara, Ahok pun mengirim surat pengunduran diri sebagai gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Ahok kalah dalam Pilgub DKI 2017 lalu, namun masa jabatannya masih berlaku hingga Oktober 2017. Status Ahok sebagai gubernur DKI pun diberhentikan sementara pasca putusan vonis kasus penodaan agama. Djarot Saiful Hidayat ditunjuk sebagai Plt Gubernur DKI.

Berikut isi surat pengunduran diri Ahok yang ditujukan kepada Jokowi dikutip merdeka.com, Rabu (24/5):

Sehubungan dengan ditetapkannya putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara dengan Nomor 1537/Pid.B/2016/PN.JKT.Utara yang dibacakan pada 9 Mei 2017 dan terbitnya keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 56/P tahun 2017 tentang Pemberhentian Sementara Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Penunjukan Pelaksana Tugas Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Sisa Masa Jabatan Tahun 2012-2017 tertanggal 12 Mei 2017, maka dengan ini saya:

Nama lengkap: Ir. Basuki Tjahaja PUrnama , M.M
Tempat lahir: Manggar (Kabupaten Belitung Timur)
Tanggal lahir: 29 Juni 1966
Alamat: Jl Pantai Mutiara Blok J No 39, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara

Dengan ini menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 130/P Tahun 2014 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Masa Jabatan Tahun 2012-2017 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Sisa Masa Jabatan Tahun 2012-2017.

Mohon kiranya Bapak Presiden Republik Indonesia mengabulkan permohonan pengunduran diri saya ini.

surat pengunduran diri ahok kepada jokowi 2017 Merdeka.com/istimewa

surat pengunduran diri ahok kepada jokowi 2017 Merdeka.com/istimewa

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan, surat tersebut langsung dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo pada 23 Mei 2017 kemarin. Sumarsono atau akrab disapa Soni itu mengungkapkan, dalam surat tersebut Basuki memutuskan mundur. Alasannya karena mantan Bupati Belitung Timur itu menerima vonis dua tahun penjara.

“Kurang lebih ya biasalah normatif saja mengundurkan karena ya hukuman lah. Putusan dari pengadilan negeri nomor sekian ditahan. Lalu menyatakan mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (24/5).

Namun, dia tidak dapat memastikan dari mana asal usul beredarnya surat tersebut. Karena dalam foto yang diterima media, tidak menunjukkan kop surat penerimanya. Sehingga Sumarsono tak bisa berspekulasi.

“Itu betul hanya menunjukan isi suratnya, tapi kalau kepadanya kan tidak ada,” tutupnya.

(Merdeka.com)

Comments

comments