BI soal DP 0 Rupiah Anies-Sandi: Dalam aturan harus 15 persen

Anies-Sandi. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Anies-Sandi. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

SitusRI.Net – Anies Baswedan dan Sandiaga Uno telah memenangi Pilkada DKI 2017 versi hitung cepat. Atas kemenangan ini, masyarakat antusias menanti realisasi janji uang muka atau down payment (DP) rumah 0 Rupiah saat mereka menjabat nanti.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan DP rumah sudah diatur dalam peraturan Bank Indonesia soal Loan to Value (LTV). Aturan itu bahkan tertuang dalam Peraturan BI (PBI) Pasal 17 Nomor 18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value untuk kredit properti.

Dalam aturan tersebut, beban biaya yang ditanggung oleh bank sebesar 85 persen dari total harga rumah dan 15 persen sisanya harus dibayar pemohon dalam bentuk uang muka atau DP. Untuk itu, DP rumah tetap harus pada peraturan yang berlaku.

“Saya tidak mau komentar. Regulasi (peraturannya) tetap berlaku. Kalau dijamin pemerintah bisa saja,” ujar Tirta di Kantor BI, Jakarta, Kamis (20/4)

Kendati demikian, Tirta enggan menanggapi lebih jauh terkait program DP rumah 0 Rupiah ini. “Tapi saya belum bisa diberikan informasi lebih. Dibaca dulu nanti aturannya,” pungkasnya.

(Merdeka.com)

Comments

comments