Haji Lulung ngaku bongkar timbunan sembako di PPP, ini sikap Bawaslu

Sembako di Kantor PPP. ©twitter.com/@halus24

Sembako di Kantor PPP. ©twitter.com/@halus24

SitusRI.Net – Politikus Abraham Lunggana mengklaim telah membongkar timbunan sembako di Kantor Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jakarta Selatan, kubu Romahurmuziy. Hal ini ditulis Lulung melalui akun twitternya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, Mimah Susanti mengatakan pihaknya akan menelusuri timbunan sembako tersebut diperuntukkan bagi warga agar memilih pasangan Basuki Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat atau ada tujuan lain.

“Kita lihat peristiwanya apa, tujuannya apa, nanti akan diidentifikasi lebih lanjut berdasarkan keterangan saksi dan peristiwanya itu harus tergambarkan apakah itu kegiatan kampanye,” kata Mimah usai menghadiri deklarasi damai putaran kedua Pilkada DKI di Silang Monas, Jakarta, Senin (17/4).

Mimah mengatakan sudah jadi tugas dari Bawaslu Jakarta Selatan untuk menindaklanjutinya. Sebab, peristiwa yang terjadi di wilayah menjadi tugas dari Bawaslu setempat.

“Pokoknya peristiwa yang terjadi di wilayah itu semua menjadi tanggung jawab wilayah masing-masing, kami sebagai Bawaslu Provinsi dikomunikasikan dan mereka terus berkoordinasi langkah-langkah apa yang harus dilakukan,” katanya.

Terkait Kantor PPP yang telah disegel warga, Mimah mengapresiasi langkah tersebut. Sehingga, sembako tak bisa dibagikan apabila memang benar akan dijadikan salah satu bentuk politik uang dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Bawaslu prinsipnya begini, kalau itu sudah aman, nggak boleh dibagikan sampai proses Pilkada selesai,” ujarnya.

Seperti diketahui, Haji Lulung mengaku membongkar penimbunan sembako di kantor DPC PPP JakartaSelatan. Dia menilai hal ini merupakan pelanggaran.

“Kantor DPC PPP Jaksel dipenuhi sembako. Pelakunya sudah tertangkap dari pihak kubu Rommy yang bernama Saiful Dasuki. Sekarang sedang diproses,” tulis Lulung dalam akun twitternya @halus24, Senin (17/4).

Dia meminta petugas mengambil tindakan tegas dengan adanya temuan ini. “Setelah saya datang kantor DPC PPP Jaksel, banyak sekali timbunan sembako. Saya minta pelaku diproses secara hukum karena ini pelanggaran,” tegasnya.

Ketua DPC PPP Jakarta Selatan, Syaiful R Dasuki mengklarifikasi temuan tersebut. Menurutnya, saat ini sedang dilakukan konsolidasi internal di tingkat ranting (kelurahan) sebagai agenda lanjutan setelah dilakukannya Musyawarah Cabang dan Anak Cabang di Jakarta Selatan.

Dia mengatakan sejak beberapa minggu lalu, pihaknya melakukan istighosah untuk Persatuan Jakarta, sekaligus Peringatan Isra dan Miraj dan konsolidasi ranting yang sudah berjalan di 25 kelurahan di Jakarta Selatan.

Dalam setiap acara kami juga melakukan pembagian berkat (dalam istilah Betawi) berupa bahan sembako yang umum dilakukan oleh masyarakat Betawi Muslim yang menjadi konsituen utama Kami di Jakarta Selatan,” tuturnya.

(Merdeka.com)

Comments

comments