Langkah Mantap Thailand Menuju Tangga Juara

Langkah Mantap Thailand Menuju Tangga Juara

SitusRI.Net – Thailand sukses memenangi AFF Suzuki Cup 2016. Sejak awal, The War Elephants memang sudah unjuk potensi sebagai kandidat kuat juara.

Thailand keluar sebagai juara setelah unggul 3-2 atas Indonesia secara agregat. Kalah 1-2 di leg pertama babak final, Thailand membalas dengan kemenangan 2-0 di leg kedua yang dimainkan di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016) malam WIB.

Bagi Thailand, itu adalah gelar juara kelima mereka di sepanjang keikutsertaannya di Piala AFF. Jumlah gelar tersebut menjadikan Thailand sebagai tim paling sukses di ajang Piala AFF.

Sepanjang gelaran AFF Suzuki Cup 2016, Thailand memang tampil meyakinkan sejak awal. Fase grup dilewati tim arahan Kiatisuk Senamuang itu dengan sempurna lewat tiga kemenangan dari tiga laga masing-masing melawan Indonesia, Singapura, dan Filipina.

Lolos dengan predikat sebagai juara Grup A, Thailand kemudian bertemu dengan Myanmar –yang merupakan runner-up Grup B– di babak semifinal. Thailand sukses menyingkirkan Myanmar dengan agregat telak 6-0.

Indonesia lantas mengadang Thailand di babak final. Di pertandingan leg pertama, Thailand dipaksa menyerah 1-2 dari skuat ‘Garuda’. Itu adalah kekalahan pertama Thailand di AFF Suzuki Cup 2016.

Tapi Thailand bangkit di leg kedua. Bermain di hadapan publiknya sendiri, Thailand membungkam Indonesia dengan skor 2-0 untuk memastikan gelar juara.

Secara keseluruhan, dari tujuh pertandingan yang mereka mainkan sejak fase grup, Thailand menang enam kali, kalah satu kali, dan mencetak 13 gol. Thailand juga cuma kebobolan empat gol dan mencatatkan lima clean sheet.

Kesuksesan Thailand menjadi juara juga dilengkapi dengan penghargaan individu untuk dua pemainnya. Teerasil Dangda menjadi top skorer dengan enam gol, sementara Chanathip Songkrasin yang berposisi sebagai gelandang serang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik turnamen (Most Valuable Player).

Perjalanan Thailand di AFF Suzuki Cup 2016

Fase Grup
Thailand 4-2 Indonesia
Thailand 1-0 Singapura
Thailand 1-0 Filipina

Semifinal
Myanmar 0-2 Thailand
Thailand 4-0 Myanmar

Final
Indonesia 1-2 Thailand
Thailand 2-0 Indonesia

Sumber: Detik.com

Comments

comments