Perdebatan panjang Ahok dan Anies-Sandi soal program mirip OK OCE

ahok anies. ©2017 Merdeka.com

ahok anies. ©2017 Merdeka.com

SitusRI.Net – One Kecamatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE), merupakan program yang diusung oleh pasangan cagub dan cawagub DKI Anies-Sandi. Program tersebut akan dilaksanakan jika pasangan nomor tiga itu berhasil meraih suara terbanyak warga DKI alias dipercaya menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI periode 2017- 2022.

Tak lama Pilgub DKI putaran pertama beres, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Jakarta Creative Hub. Program tersebut dianggap mirip dengan OK OCE Anies-Sandi.

Basuki atau akrab disapa Ahok ini mengatakan, program pemberdayaan UMKM milik Pemprov DKI Jakarta tersebut bermula kala menyaksikan Jakarta Fashion Week pada 2015. Sehingga tidak mungkin, lanjut Ahok, dirinya menjiplak program yang baru saja muncul dalam pesta demokrasi 2017.

“Nggak benar saya nyontek-nyontek (program) pasangan calon lain lah. Bagaimana nyontek? Kalau bilang nyontek, dia yang nyontek saya. Yang penting barangnya kita sudah jadi,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (3/3).

Ahok mengatakan ide pembuatan Jakarta Creative Hub digagas oleh istrinya, yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI, Veronica Tan.

“Waktu Jakarta Fashion Week banyak anak muda yang sudah ikut tapi tidak semua punya mesin potong (bahan), mesin jahit, komputer desain. Makanya kami langsung berpikir kenapa cuma ikut JFW udah terkenal kok nggak ada tempatnya,” kata Ahok.

Sementara itu, Anies nampak senang ada pihak yang membuat program seperti One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE).

Anies menyampaikan hal itu untuk menanggapi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mengatakan Jakarta Creative Hub merupakan bentuk nyata OK OCE.

“Alhamdulillah lah kalau ada yang meniru. Syukurlah kalau sudah ditiru,” kata Anies, di DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Rabu (1/3) lalu.

Begitu juga dengan Sandiaga Salahuddin Uno, dia menghargai ucapan dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama ( Ahok) perihal program Oke Oce yang dianggap belum nyata. Sandi mengatakan masyarakat bisa menilai manfaat dari program Oke Oce cetusannya.

“Kalau saya tentunya menghargai apa yang diucapkan oleh Pak Basuki. Teman-teman ataupun warga masyarakat bisa menilai sendiri sudah 5.000 lebih peserta Oke Oce yang merasakan manfaatnya mengikuti programnya,” kata Sandiaga yang ditemui di posko pemenangan Anies-Sandi di Jalan Melawai nomor 16, Jakarta, Rabu (3/1).

Dia juga menambahkan tidak mau saling adu program mana yang paling baik. “Jadi saya enggak mau terjebak untuk saling mengadu siapa yang lebih bagus,” tuturnya.

Menurutnya inti dari program Oke Oce dan Jakarta Creative Hub ini memiliki pilar yang sama yaitu wirausaha. Sandi sangat mengapresiasi bahwa program Oke Oce tersebut dapat diakui dan diadaptasi oleh Ahok.

(Merdeka.com)

Comments

comments