Selamat jalan penjaga Dua Kota Suci Makkah dan Madinah

Jokowi berikan album foto ke Raja Salman. ©biro pers

Jokowi berikan album foto ke Raja Salman. ©biro pers

SitusRI.Net – Raja Arab Saudi Khadimul Haramain Ar Salman bin Abdulaziz Al-Saud, meninggalkan Indonesia dengan bertolak dari Base Ops Pangkalan TNI AU Ngurah Rai, Bali, Minggu (12/3). King Salman menuju Jepang untuk melanjutkan lawatan ke tujuh negara Asia.

Raja Salman selama sebulan sejak 26 Februari lalu melakukan lawatan ke tujuh negara di Asia yakni Malaysia (26 Februari-1 Maret), Indonesia (1-12 Maret), Brunei Darussalam (4 Maret), Jepang (12-15 Februari).

Kemudian ke China untuk kunjungan selama tiga hari, dilanjutkan ke Maladewa, dan berakhir di Amman, Jordania untuk menghadiri KTT Arab ke-28 yang diselenggarakan pada 23 hingga 29 Maret 2017, sebelum kembali ke negaranya. Demikian ditulis ANTARA.

Raja ke-7 di Kerajaan Arab Saudi yang naik tahta sejak 23 Januari 2015 itu telah menjadi pemberitaan utama selama kunjungannya di Indonesia, bukan saja bagi banyak media massa nasional tetapi juga berbagai media dunia.

Selain membawa rombongan dalam jumlah besar sekitar 1.500 orang termasuk para pangeran dan menteri. Dia juga mengangkut ratusan ton peralatan dan logistik untuk keperluan selama melakukan lawatan kenegaraan di Indonesia sekaligus berlibur di Pulau Dewata, Bali. Lengkap dengan tujuh pesawat berbadan lebar dan dua pesawat pengangkut kargo.

Kunjungannya juga merupakan kunjungan bersejarah sejak pertama kali Raja Arab Saudi berkunjung ke Indonesia pada 10-13 Juni 1970 yang dilakukan oleh Raja Faisal.

Setelah 47 tahun, Raja Arab Saudi baru berkesempatan lagi berkunjung ke Indonesia, bahkan menghasilkan berbagai kesepakatan kerja sama.

Di Indonesia, Raja Salman dan Presiden Joko Widodo menyaksikan penandatangan 11 nota kesepahaman yang meliputi (1) Deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama.

(Merdeka.com)

Comments

comments