Sempat Tertinggal Tiga Gol, Arsenal Paksakan Hasil Seri Lawan Bournemouth

Foto: Getty Images/Michael Steele

Foto: Getty Images/Michael Steele

SitusRI.Net – Arsenal harus bekerja keras untuk meraih satu poin dari markas Bournemouth. Sempat tertinggal tiga gol, Arsenal comeback untuk memaksakan hasil akhir 3-3.

Dalam pertandingan di Vitality Stadium, Rabu (4/1/2017) dinihari WIB, Arsenal sempat kewalahan meladeni Bournemouth di babak pertama. Tim tamu juga kesulitan membangun serangan.

Sepanjang babak pertama, Arsenal hanya melepaskan tiga tembakan dan tak ada yang mengarah ke gawang. Sementara Bournemouth tercatat melepaskan tujuh tembakan dan tiga di antaranya on target.

Arsenal lantas menutup babak pertama dalam posisi tertinggal 0-2. Gol-gol dari Charlie Daniels dan Callum Wilson membuat Bournemouth memimpin dua gol saat jeda.

Di babak kedua, Arsenal sempat kian tertinggal. Ryan Fraser mencetak gol di menit ke-58 untuk membawa Bournemouth memimpin 3-0 atas Arsenal.

Tapi Arsenal menunjukkan sinyal kebangkitan. Dua gol dicetak Arsenal lewat Alexis Sanchez dan Lucas Perez hanya dalam waktu lima menit untuk menipiskan ketinggalan.

Arsenal kian mendapat momentum setelah Bournemouth harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah untuk Simon Francis. Unggul jumlah pemain, Arsenal yang terus menekan akhirnya selamat dari kekalahan berkat gol Olivier Giroud di menit ke-92.

Dengan hasil ini, Arsenal turun ke posisi empat dengan 41 poin dari 20 pertandingan. Sementara Bournemouth naik ke posisi sembilan dengan 25 poin.

Jalannya Pertandingan

Arsenal melakukan tiga perubahan dalam lawatannya ke kandang Bournemouth. Gabriel, Mohammad Elneny, dan Lucas Perez digantikan oleh Shkodran Mustafi, Francis Coquelin, dan Aaron Ramsey di starting XI.

Peluang pertama dalam pertandingan ini didapat Bournemouth di menit kelima. Steve Cook merebut bola dari Coquelin dan kemudian mengirim umpan kepada Joshua King. Tapi King tak mampu menaklukkan Petr Cech dan tembakannya masih melebar dari gawang.

Lebih dominan di menit-menit awal, Bournemouth kemudian membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-16. Kelengahan Hector Bellerin di sisi kanan pertahanan Arsenal membuat Charlie Daniels berdiri bebas menerima bola lambung dari Junior Stanislas. Daniels kemudian dengan mudah melewati Bellerin dan menaklukkan Cech.

Hanya berselang empat menit, Bournemouth mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Ryan Fraser yang tengah melakukan serangan balik dijatuhkan oleh Granit Xhaka di kotak terlarang.

Callum Wilson yang maju sebagai eksekutor sukses melaksanakan tugasnya. Tendangannya ke arah tengah menggetarkan jala gawang Arsenal setelah Cech salah menebak arah bola.

Arsenal mencoba merespons. Tapi tim tamu kesulitan membangun serangan. Sebaliknya, Bournemouth kembali mengancam lewat Wilson yang masuk ke kotak penalti setelah menerima bola dari Cook. Tapi Mustafi melakukan tekel krusial untuk menghalau bola dari kaki Wilson.

Peluang didapat Arsenal di menit ke-41. Dari sisi kanan, Bellerin mengoper bola kepada Oxlade-Chamberlain yang kemudian mengirim umpan tarik ke kotak penalti. Alex Iwobi menyambutnya dengan tendangan first-time, tapi upayanya itu masih melebar dari gawang Bournemouth.

Di penghujung babak pertama, Bournemouth kembali dapat peluang lewat tembakan Stanislas. Tapi sepakannya dari luar kotak penalti itu tipis di samping gawang Arsenal. Sampai turun minum, skor 2-0 untuk Bournemouth tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Arsenal yang tertinggal mencoba mengambil inisiatif serangan. Tapi tim tamu masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Bournemouth.

Bournemouth sempat mencetak gol di menit ke-57 setelah tembakan Harry Arter dari luar kotak penalti mengenai Wison dan masuk ke gawang Arsenal. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena menilai Wilson melakukan handball.

Hanya berselang satu menit, Bournemouth menambah keunggulannya. Fraser dari sisi kiri melakukan penetrasi dan dengan mudah melewati Bellerin. Fraser kemudian masuk ke kotak penalti dan menceploskan bola ke dalam gawang melewati kaki Cech.

Arsenal akhirnya memperkecil ketertinggalan di menit ke-70. Umpan Oxlade-Chamberlain dari sisi kanan dibelokkan Giroud dengan sundulan dan mengarah ke Sanchez. Sambil menjatuhkan diri, Sanchez menanduk bola untuk menjebol gawang tuan rumah. Itu sekaligus merupakan upaya pertama Arsenal yang mengarah ke gawang.

Lima menit kemudian, Arsenal kembali mencetak gol. Bola dari Xhaka dibelokkan Giroud dan mengarah ke Lucas Perez. Lucas yang ada di sisi kiri langsung melepaskan tendangan voli ke arah tiang jauh yang tidak mampu diantisipasi oleh Boruc.

Gol Lucas menjadi momentum bagi Arsenal. Tim tamu meningkatkan intensitas serangan untuk mencari gol penyeimbang.

Namun justru Bournemouth yang mendapat peluang emas untuk kembali menjauh dari Arsenal. Dan Gosling yang mendapat bola di kotak penalti Arsenal kemudian memutar badannya dan melepaskan tembakan melengkung dengna kaki kiri ke arah pojok kanan atas gawang. Tapi upaya Gosling itu masih menyamping tipis dari gawang Cech.

Bournemouth kemudian harus bermain dengan 10 orang mulai menit ke-82. Simon Francis diacungi kartu merah oleh wasit setelah melakukan pelanggaran kepada Ramsey.

Unggul jumlah pemain, Arsenal kian bernafsu untuk mencetak gol. Arsenal akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-92. Umpan dari Xhaka ke dalam kotak penalti Bournemouth dituntaskan Giroud dengan sundulan untuk mengubah skor menjadi 3-3.

Di penghujung masa injury time, Bournemouth sempat mengancam gawang Arsenal. Tapi tendangan Harry Arter dari sudut sempit masih bisa ditepis oleh Cech.

Pada akhirnya skor 3-3 tak berubah hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Bournemouth: Boruc, Francis, Cook, Ake, Daniels, Arter, Gosling, Stanislas, King (Surman 63′), Fraser (Smith 68′), Wilson (Smith 91′)

Arsenal: Cech, Bellerin, Mustafi, Koscielny (Gabriel 64′), Monreal, Coquelin (Chamberlain 28′), Xhaka, Ramsey, Sanchez, Iwobi (Lucas 63′), Giroud

Sumber: Detik.com

Comments

comments