Thailand Sabet Gelar Ke-5, Indonesia Gagal 5x di Final

Thailand Sabet Gelar Ke-5, Indonesia Gagal Lima Kali di Final

SitusRI.Net – Thailand dan Indonesia memecahkan rekor baru di Piala AFF 2016. Thailand memastikan diri menjadi negara yang paling banyak meraih trofi Piala AFF sebanyak lima kali.

Jumlah itu mengalahkan Singapura yang sejauh ini mengoleksi empat kali trofi Piala AFF.

Sementara Indonesia juga meraih catatan baru, namun terasa lebih pahit dibandingkan Thailand. Timnas Indonesia menjadi negara yang paling banyak ke final, tapi selalu gagal meraih Piala AFF.

Thailand berhasil jadi juara Piala AFF 2016 setelah menaklukkan timnas Indonesia dengan skor 2-0 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12) malam. Kemenangan 2-0 itu membuat Thailand mengakhiri babak final dengan keunggulan agregat 3-2.

Sebelumnya Thailand juara AFF pada 1996, 2000, 2002, dan 2014. Sementara Indonesia menyandang predikat runner-up sejak 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Selain menjadi juara untuk kali kelima, Thailand juga menyabet beberapa penghargaan lainnya. Sang kapten dari tim berjulukan Gajah Perang, Teerasil Dangda, menjadi pencetak gol terbanyak di Piala AFF 2016.

Mantan penyerang Almeria ini total mencetak enam gol dari enam pertandingannya sepanjang turnamen tahun ini.

Pemain berusia 28 tahun tersebut unggul tiga gol dari Boaz Solossa yang jadi pesaing terdekat.

Tak hanya Teerasil, gelandang timnas Thailand, Chanatip Songkrasin, pun mendapat penghargaan. Chanatip jadi pemain terbaik Piala AFF untuk kedua kalinya setelah 2014.

Sumber: CNNIndonesia.com

Comments

comments