Usai Temui Dirjen Pajak, Perwakilan Google Irit Bicara

Kotak wempat pensil warna-warni disusun membentuk logo Google di kantor Google Indonesia, Jakarta (28/5/2015)

Kotak wempat pensil warna-warni disusun membentuk logo Google di kantor Google Indonesia, Jakarta (28/5/2015)

SitusRI.Net – Perwakilan Google yang terdiri dari 3 orang, mendatangi Kantor Pusat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017) sekitar pukul 15.00 WIB.

Ketiganya datang atas undangan Ditjen Pajak untuk membahas kelanjutan persoalan pajak yang sempat buntu pada akhir tahun lalu. Namun saat keluar dari gedung kantor pajak sekitar pukul 17.30 WIB, ketiga perwakilan Google itu irit bicara.

“Tadi pertemuan berlangsung dengan baik,” ujar salah satu perwakilan perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Saat ditanya apakah sudah ada angka yang disepakati dengan Ditjen Pajak atau belum, ia enggan menjawabnya lantaran tidak memilki kewenangan untuk memberikan pernyataan kepada media.

“Kan Jason (Jubir Google Indonesia) yang boleh statement,” kata perwakilan tersebut.

Sebelumnya, kedatangan perwakilan Google sempat simpang siur. Namun Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiaseteadi memastikan, petinggi Google akan datang ke Kantor Direktorat Jenderal Pajak hari

ini. Namun, saat ditanya siapa petinggi Google yang akan datang, ia mengaku belum mengetahuinya.

Menurutnya, Ditjen Pajak mengundang banyak pihak dari Google. Seperti diketahui, Ditjen Pajak melayangkan surat pemanggilan kepada Google terkait persoalan perpajakan yang belum juga mencapai titik temu.

Menurut Ken, pihaknya sudah memiliki data-data keuangan Google dari hasil usahanya di Indonesia.Nantinya, data itu akan dibuka di hadapan perwakilan Google. Selama ini, Google kerap mengelak terkait persoalan data keuangannya.

Oleh karena itu, Ken akan meminta penjelasan lengkap dari perusahaan internet asal Amerika Serikat (AS) itu.

(Kompas.com)

Comments

comments